Wednesday, April 25, 2007

Kerja di LN apa DN?

Ini rangkuman curhat dengan teman teman yang ada di LN dan DN, sekarang khan banyak temen2 eksodus ke LN, tapi banyak juga temen nggak tertarik alias tetap betah di DN. Emang hidup masalah pilihan sich..

Sebagian alasan teman teman yang lagi “nyangkul” di LN adalah untuk cari pengalaman dan of course-lah untuk penghasilan yang lebih baik.. (tapi ini diprotes sama teman saya yang lain, dia bilang “gua mau di gaji: euro, $, rupiah atau apa kek, nggak penting!, sing penting berapa saving-nya..”) - Bener juga sich ya… Gimanapun khan hidup di LN biaya hidupnya tinggi, kalau penghasilan nggak gede2 amat, ya bisa2 nggak ada saving.

Ada juga alasan pendidikan anak (katanya diluar lebih bagus), dalam beberapa hal banyak benarnya, tapi banyak hal yang saya nggak sreg juga, bagi saya hebatnya pendidikan sekolah anak nggak cuma pinter baca, tulis, komputer, matematika, bahasa asing, etc.. apa bedanya sama robot? Ada nggak ya sekolah yang juga mempertajam “kepekaan” anak, jadi nantinya dia punya empati, jiwa sosial, taat agama… wah enak bener ya. Karena kalau kita pikir2, setelah kerja, hal hal tersebut lebih penting…

Jadi inget dulu ada joke di ITB, persisnya saya lupa, kira2 gini: katanya alumni yang lulus dapet “A” dan “B” biasanya jadi dosen atau peneliti, dapet “C” jadi pegawai, dapet “D” jadi pengusaha yang “ngasih makan” yang dapet A, B, C tadi he he.. (ada yang protes, dapet D khan DO mas?, lha iya karena DO dia bikin usaha, nanti pas ente lulus, apply ke perusahaannya he he.., Maksudnya nggak semua nilainya “D”- lah.. …).

Ada juga yang punya pendapat kerja di LN untuk menaikkan “nilai jual” (emang barang…?), maksudnya gini, kalau kerja di LN khan incomenya dalam $ atau euro, jadi gaji terakhir bisa meningkatkan posisi tawar menawar pada saat cari kerja berikutnya.. well, make sense juga!.

Tapi temen saya yang lain, kekeh nggak mau kerja di LN, “ngapain capek2, apa apa harus dikerjain sendiri, disini gua punya pembantu tiga, ketemu makan enak dimana mana, tiap hari bisa pul kumpul ….”.

Begitulah, namanya juga pilihan, tiap orang bisa beda beda, kalau saya?, bolehlah beberapa tahun di LN, abis itu kayanya enakan pulang kampung, pul-kumpul he he..!

1 Comments:

Blogger Our Food Recipes said...

Betul Ben..Gw dulu kerja sm orang..terus usaha sendiri..terus kerja lagi sm orang..terus usaha sendirilagi ...terus kerja sama orang lagi. Emang hidup ini naik turun. Anyway enjoy saja lah...mau diluar negeri kek atau di dalam negeri kek...asal elu enjoy dimana pun elo kerja ...ya gak apa apa....gitu aja kok repot..(Gus Dur yang ngomong neeeh)

6:11 AM  

Post a Comment

<< Home